Migrain | penyebab dan cara mengatasinya

Cara mengatasi migrain - Apa Itu Migrain?
Migrain adalah rasa sakit atau nyeri yang berdenyut dikepala dan biasanya hanya terjadi di sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini terdengar biasa saja, tetapi ini sangat menyiksa bagi si penderita. Lalu bahayakah penyakit migrain?

Migrain merupakan penyakit yang masih wajar dan tidaklah berbahaya. Berdasarkan penelitian penyakit migrain ini lebih banyak diderita oleh kaum wanita. Dan pada umumnya penyakit ini diderita oleh orang pada rentang usia sekitar 18 tahun sampai 65 tahun. Meskipun penyakit ini terlihat biasa dan termasuk penyakit ringan, tapi tentu saja yang namanya penyakit pasti akan sangat mengganggu aktifitas Anda bahkan bisa merusak acara Anda.

 Cara mengatasi migrain

Karena pada sebagian besar penyakit migrain bisa tiba- tiba terjadi tanpa adanya gejala- gejala terlebih dahulu. Lalu kenapa migrain bisa terjadi ?, apa penyebabnya ?, dan bagaimana cara menanganinya ? Tenang sobat, disini saya akan berbagi info tentang migrain yang selama  ini sudah mengganggu aktifitas Anda. Penyakit migrain ini bisa saja sering terjadi pada seseorang ada yang beberapa kali mengalami migrain dalam waktu seminggu, tetapi ada juga dalam satu tahun hanya beberapa kali saja mengalami migrain.

Penyebab Migrain

Migrain mungkin sudah bukan lagi menjadi hal baru dikalangan masyarakat.  Bahkan sebagian orang sudah biasa menghadapi migrain ini. Migrain sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor- faktor kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari. Pada sebagian penderita migrain selain merasa sakit pada bagian kepala biasanyajuga mengalami mual, muntah dan menjadi lebih peka terhadap cahaya dan suara bising disekitarnya. Lalu apa saja penyebab migrain itu ?. Berikut adalah hal- hal yang dapat menyebabkan migrain.
  •  Orang yang memiliki berat badan berlebih atau sering disebut dengan obesitas biasanya lebih beresiko mengalami migrain.
  • Perubahan hormon pada wanita saat menstruasi adalah salah satu penyebab migrain. Inilah alasanya kenapa wanita menjadi lebih beresiko mengalami migrain dibandingkan laki- laki.
  • Bisa juga disebabkan oleh faktor gen atau bisa juga disebut dengan faktor keturunan dari keluarga yang memang riwayatnya ada yang pernah mengalami migrain.
  • Pada sebagian orang penyebab migrain bisa juga datang dari kondisi fisik yang mungkin lagi stres atau bahkan kelelahan.
  • seringm engkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Seperti makanan yang mengandung bumbu penyedap sepeerti MSG dan juga minuman yang mengandung cafein dan alkohol.
  • Perubahan sementara pada zat kimia juga dapat memicu adanya migrain.
Nah, itu adalah beberapa faktor yang dapat memicu datangnya migrain. Migrain memang dianggap tidak berbahaya dan masih wajar. Namun ada beberapa kasus sakit kepala yang juga bisa mengakibatkan stroke bahkan meningitis. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi migrain yang sangat mengganggu aktifitas ini ?. Dibawah ini saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaiman caranya menghadapi migrain ini.

Mengatasi Migrain

Setiap penyakit pasti ada sebab dan juga ada cara mengatasinya. Seperti halnya migrain ini. Nah, berikut adalah bagaimana cara mengatasi migrain.
  • Lakukan istirahat yang cukup saat dan sedang migrain itu terjadi. Karena pada umumnya istirahat yang cukup dapat mengembalikan tubuh menjadi lebih fresh.
  • Bisa juga menggunakan metode pengobatan  untuk masalah migrain.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi obat anti muntah jika diperlukan.
  • Berbaringlah ditempat yang gelap dan jauh dari kebisingan. Ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman.
Cukup mudah sekali sebenarnya untuk menangani penyakit migrain ini. Anda bahkan bisa mencegahnya sebelum migrain menghampiri Anda. Dan tentunya dengan cara mengubah pola hidup Anda manjadi pola hidup yang lebih sehat, hindari stres dan istirahat yang cukup. Migrain bisa datang berkali-kali pada penderita sebelumnya. Atau sering kita sebut kambuh lagi. Berikut adalah hal- hal yang dapat memicu kambuhnya migrain.
  • Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol dan juga mengandung cafein.
  • Kurang istirahat.
  • Terlalu lama konsumsi obat- obat an.
  • Pola hidup tidak sehat.
Dari semua penjelasan diatas kita bisa ambil kesimpulan, bahwa menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang paling penting. Karena jika pola hidup kita sudah benar penyakit pun enggan untuk mampir ke tubuh kita

Oke, sampai disini dulu ya sobat semoga artikel ku tentang Migrain | penyebab dan cara mengatasinya kali ini dapat banyak membantu sobat semua yang sering mengalami migrain. Atau bisa juga Anda bagikan kepada keluarga dan orang - orang terdekat Anda yang sering mengalami migrain untuk memberi solusi mengatasi migrain yang di derita selama ini. semoga bermanfaat. Terimakasih.
Edy Wiratama Saya adalah orang biasa yang suka mempelajari hal-hal baru di seputar internet.

Belum ada Komentar untuk "Migrain | penyebab dan cara mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel